Senin, 14 Februari 2011

Introspeksi

Sungguh, mudah sekali melihat kesalahan dan kekurangan orang-orang di sekitar kita. Yang paling ngenes adalah jika yang empunya kekeliruan atau kekurangan adalah orang-orang yang kita sayangi. Dan orang terdekat adalah yang paling tidak tahu cara bertindak yang benar untuk menyadarkan mereka. Tentu saja karena beliau-beliau itu juga sangat tahu kekurangan orang-orang dekat mereka.

Sering terjadi, kita sudah bla bla bla panjang lebar akibatnya bukan mereka jadi paham, malahan kemudian kita seperti menguliti diri sendiri, tanpa tahu malu, dan ingin menghapus waktu yang berlalu.

Sungguh tidak mudah melihat dan memahami kesalahan sendiri. Yang paling sering terjadi adalah, kita baru mengetahuinya setelah terlambat atau setelah ada akibat (yang celakanya) kadang fatal.

Sungguh tidak menyenangkan, jika waktu terus berjalan dengan berbagai keadaan yang adalah efek kelakuan buruk kita, yang amat susah atau bahkan mungkin tak bisa diperbaiki lagi.

Yang masih mungkin dilakukan adalah mohon ampunan-Nya. Astaghfirullah. Semoga kebodohan kita menjadi hikmah bagi orang lain.Amiin. Wallahu a'lam bisshowaab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar